Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Bisa Langsung Disalin
Setelah soal Bahasa Indonesia kelas 7, berikut ini kami sajikan contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 8 SMP atau MTs.
Soal PAT ini termasuk kategori mudah. Terdiri dari 45 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian atau essai.
Anda bisa langsung menyalin soal PAT ini. Blok semua dulu, lalu copy dan paste. Jadi tidak perlu repot download.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang ( X ) pada jawaban a, b, c atau d pada lembar jawab yang tersedia !
1. Cermati teks berikut!
Teks 1
Ibu-ibu pergi ke pasar
Membeli kain berwarna merah
Marilah kita giat belajar
Agar masa depan kita cerah
Teks 2
Ketika aku telah lelah
Mengikuti langkah nasib
Yang selalu berjalan
Tanpa rasa sadar
dan arah tujuan
Pernyataan yang tepat tentang kedua puisi tersebut adalah ....
a teks 1 termasuk puisi rakyat karena terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris, teks 2 termasuk puisi modern karena tidak terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris
b teks 1 termasuk puisi rakyat karena tidak memperhatikan rima akhir, teks 2 termasuk puisi modern karena sangat memperhatikan rima akhir
c teks1 termasuk puisi modern karena tidak terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris, teks 2 termasuk puisi rakyat karena terikat oleh jumlah larik dalam tiap baris
d teks 1 termasuk puisi modern karena sangat memperhatikan rima akhir, teks 2 termasuk puisi rakyat karena tidak memperhatikan rima akhir
2. Pakai payung di kala hujan
……………………………………..
Kalau ingin lulus ujian
Rajin belajar pantang menyerah
Larik yang sesuai untuk melengkapi pantun tersebut adalah…
a. Di mana padi tak kan luluh
b. Dimana hati tak rusuh
c. Kena baju pastilah basah
d. Lihat gadis, wahai tiada dua
3. Cermati pantun berikut !
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntut ilmu bersungguh-sungguh
Supaya tak ketinggalan
Pantun tersebut termasuk jenis pantun…
a. Pantun agama
b. Pantun teka-teki
c. Pantun nasihat
d. Pantun jenaka
4. Ciri-ciri puisi rakyat
1. Rima a-a-a-a
2. terdiri atas 4 baris
3. bersajak a-b-a-b
4. Tidak memiliki sampiran
5. memiliki sampiran dan isi
6. terdapat dalam suku kata 8-12
7. terdapat dalam suku kata 10-14
Berdasarkan data tersebut , ciri-ciri pantun ditujukkan oleh nomor …
a. 1,2,3,4,5,6,7 c. 2,5,6,7
b. 1,2,3,7 d. 2,3,5,6
5. Perhatikan gurindam berikut ini?
Pikir dahulu sebelum berkata
( … ) terelak silang sengketa.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi gurindam tersebut adalah …
a. Karena c. Sedangkan
b. Sehingga d. Supaya
6. Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntut ilmu bersungguh-sungguh
Supaya tak ketinggalan
Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut adalah…
a. Kita harus mengejar ilmu agar tidak ketinggalan demi sebuah harapan.
b. Kita harus menuntut ilmu untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.
c. Kita harus bersungguh-sungguh mengejar cita-cita dengan penuh harapan.
d. Kita harus menuntut ilmu dengan kesungguhan dan harapan demi masa depan.
7. Jangan sombong jangan takabur
………………………………………………….
Banyaklah engkau bersyukur
Iman di dada semakin subur
Larik yang tepat untuk melengkapi syair rumpang tersebut adalah…
a. Selalu mewarisi sikap tegar
b. Segala anugerah sudah diatur
c. Berjuang agar hidup makmur
d. Bersikap baik jadilah gemar
8. Jika hendak menggapai cita-cita
Bekerjalah lebih dari rata-rata
Kebahasaan gurindam tersebut adalah …
a. Menggunakan kata penghubung tujuan.
b. Menggunakan kata penghubung syarat.
c. Menggunakan kata penghubung akibat.
d. Menggunakan kalimat imperatif.
9. Ada berapa jumlah baris gurindam dalam satu bait?
a. Satu c. Tiga
b. Dua d. Empat
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1. Perbanyaklah engkau bertafakur
2. Agar selamat dari siksa kubur.
3. Mendapatkan nikmat harus bersyukur
4. Janganlah engkau bertakabur.
Urutan yang tepat agar menjadi sebuah syair sesuai ciri-cirinya adalah…
a. 4-3-2-1 c. 4-1-3-2
b. 4-3-1-2 d. 4-1-2-3
11. Puisi rakyat berikut yang termasuk pantun adalah…
a. Alam yang subur hampar mati
Zaman terlihat mengabaikan ini
Hati manusia keras bagaikan besi
Melambung jauh di atas kerusakan bumi
b. Barangsiapa meninggalkan sembahyang
Seperti rumah tiada tiang
c. Duduk manis di bibir pantai
Lihat gadis, aduhai tiada dua
Masa muda kebanyakan santai
Sudah renta sulit tertawa
d. Kicauan burung akan menghilang
Saat menyambut datangnya siang
Akan tampak langit yang kosong
Akibat nafsu manusia yang sungguh sayang
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 12, 13, 14 dan 15!
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja.
"Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?" tanya si Rusa.
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
"Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat marah mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu.
"Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!" tantang si Rusa.
"Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku," balas si Kura-kura.
Si Rusa kian marah mendengar ucapan si Kura-kura. Ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
....
Si kura-kura bersiaga dan mengambil ancang-ancang di tempat tinggi. Ia lalu menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir tiba di dekat tubuh si Rusa, ia pun menaikkan tubuhnya hingga tubuhnya melayang. Si Kura-kura mengincar hidung si rusa. Begitu kerasnya tempurung si kura-kura mengena hingga hidung si Rusa putus.
12. Alasan yang tepat bahwa teks tersebut termasuk fabel adalah ....
a. berlatar tempat perkotaan
b. tidak menggunakan kalimat langsung
c. tokoh-tokohnya merupakan binatang
d. hanya bertujuan menghibur pembaca
13. Peristiwa yang menunjukkan konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
a. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
b. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
c. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
d. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
14. Peristiwa yang menunjukkan penyebab terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
a. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
b. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
c. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
d. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
15. Peristiwa yang menunjukkan akibat terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
a. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
b. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
c. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
d. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.
Perhatikan kutipan fable berikut ini untuk menjawab soal 16-17
Singa dan Seekor Tikus
Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan didepan seekor singa yang tertidur, sang tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan sang tikus malah berlari di atas hidung Singa yang sedang tertidur.
Sang singa menjadi terbangun dan dengan sangat marah menangkap mahkluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar.
“Ampuni saya!!” kata sang tikus. “Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu”.
Singa menjadi sangat tertawa dan berpikir bahwa seekor tikus yang kecil akan dapat membantunya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut melepaskan tikus itu.
Suatu hari, ketika sang singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang singa tertangkap jala yang ditebar oleh sang pemburu. Karena tidak dapat membebaskan dirinya sendiri, sang singa mengaum marah keseluruh hutan. Saat itu sang tikus yang pernah dilepaskannya mendengar auman itu dan dengan sangat cepat sang tikus menuju arah auman dimana singa terjerat oleh jala itu. Sang tikus kemudian menemukan sang singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjerat nya.
Sang tikus kemudian berlari kearah tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali itu sampai putus hingga akhirnya sang singa dapat dibebaskan.
“kamu tertawa ketika saya bekata aku akan membalas perbuatan baikmu”, kata sang tikus.
“sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga menolong seekor singa”.
16. Tindakan terpuji tokoh pada kutipan fable tersebut adalah…..
a. Seekor tikus juga dapat menolong seekor singa
b. Singa mengintai mangsanya
c. Singa tertangkap oleh pemburu
d. Tikus meronta-ronta dari jala yang menjeratnya
17. Nilai moral pada kutipan fable tersebut adalah….
a. Jangan pernah ragu-ragu untuk berbuat kebaikan
b. Seekor tikus dapat juga menolong seekor singa
c. Jangan menilai seeorang dari ukuran fisiknya
d. Kebaikan yang ditanam akan berbuat kebaikan
18. Perhatikan kutipan fabel berikut !
Ayam kemudian membangunkan kucing itu perlahan supaya kucing tidak kaget dan mencakar dirinya. Namun, ketika bangun, kucing itu sangat kesal ketika dibangunkan dari tidurnya. Dia mengeram dan mencoba mengusir ayam itu. Ayam berkokok sambil mengusir sang kucing. Namun, kucing itu, lebih marah.
Dalam kutipan teks fabel tersebut merupakan bagian struktur pada tahap….
a. Orientasi c. Resolusi
b. Komplikasi d. Koda
19. Perhatikan Penggalan fabel berikut !
“ Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa sang pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda? Aku tidak bisa berenang sepertimu dan ikan, tetapi aku bisa terbang mengitari angkasa. Burung kembali berkata dengan bijak, “Itulah yang kumaksud Ulu, kita masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang sepertimu, tetapi ia dapat menyusup ke tempat-tempat kecil yang tidak dapat kau lewati. Ikan tidak dapat melompat-lompat sepertimu tetapi ia bisa bernafas di bawah air, kamu seharusnya tidak menghina mereka!”.
Watak yang digambarkan dalam fabel tersebut adalah….
a. Ramah
b. Sombong
c. Rendah hati
d. Bijaksana
20. Berikut adalah koda dalam fabel adalah…..
a. Doc, salah satu kurcaci tersebut berkata, “Jika kamu mau, kamu bisa tinggal disini bersama kami.” Snow White berkata, “Oh, bolehkah? Terimakasih.” Kemudian Snow White dan 7 Kurcaci hidup bahagia.
b. Seketika itu kucing tersebut berlari ke pohon terdekat dan naik ke cabang diluar jangkauan anjing apapun. “ini adalah trik yang ku ceritakan, satu-satunya yang saya tahu,” kata si kucing.
c. Nenek sihir itu mengayunkan tongkat sihirnya dan mengarahkannya ke aku. “hahaha! Aku akan mendapat kekuatan dari bola Kristal itu” kata nenek sihir itu. Aku langsung mengambil kaca dan memantulkanya ke arah nenek sihir itu pun mati, sekarang aku bisa mengambil bola kristalku lagi.
d. Suatu ketika ada seekor rubah dan kucing sedang bercakap-cakap. Si rubah, adalah mahkluk sombong, yang membual betapa pintarnya dia. “Kenapa, saya tahu setidaknya seratus cara untuk menjauh dari musuh kita bersama, anjing-anjing,” katanya
21. Simak salah satu langkah yang harus diperhatikan dalam teks fabel berikut!
Menghayati penokohan, semakin kita memahami karakter tokoh yang ada didalam sebuah teks fabel, maka semakin mudah untuk mengekspresikannya dan membuat variasi suara hingga tingkah lakunya.
Pernyataan dalam langkah di atas merupakan hal yang harus diperhatikan dalam…..
a. Menyusun teks fabel
b. Menyimpulkan isi fabel
c. Memerankan isi fabel
d. Menelaah isi fabel
22. Orientasi dalam teks fabel berisi tentang…….
a. Pengenalan tokoh, latar dan watak tokoh
b. Penyelesaian masalah
c. Permasalahan dalan cerita fabel
d. Akhir dari resolusi
23. Perhatikan teks berikut untuk menjawab nomor 23 dan 24
Suatu kebahagiaan bagiku jika engkau berkenan hadir pada :
Hari : Minggu
Tanggal : 25 Februari 2020
Waktu : 15.00
Tempat : Perumahan asri, Jakarta
Catatan : Dengan tidak mengurangi rasa hormat dan kasih sayang terhadapmu, saya tidak menerima bingkisan berupa apapun kecuali doa dan dukungan darimu.
Kutipan bagian surat tersebut dari bahasanya termasuk surat.........
a. Dinas
b. Resmi
c. Pribadi
d. Pembaca
24. Berdasarkan bagian-bagian dalam surat, kutipan tersebut merupakan bagian...........
a. Paragraf pembuka
b. Paragraf penutup
c. Paragraf isi
d. Salam pembuka
25. Penulisan tanggal surat yang benar adalah..............
a. 29 – 12 – 2021
b. 29 / 12 / 2021
b. 29 Desember 2021
d. 29 - Desember - 2021
26. Bahasa isi surat pribadi yang paling santun adalah.........
a. Segera kirimkan uang lagi. Makin hari makin menipis . cepat, ya !
b. Liburan tahun baru ini , saya akan berlibur ke rumah kakak. Kakak harus menjemput saya di Stasiun Balapan.
c. Saya minta ibu mengirimkan uang lagi. Sudah mau habis. Jangan lupa, ya, Bu!
d. Saya berharap kakak bisa meluangkan waktu untuk menjemput saya di Stasiun Balapan.
27. Salam pembuka yang paling tepat untuk sebuah surat pribadi dari seorang anak kepada orang tuanya adalah..........
a. Salam sayang dari anakmu,
b. Salam persahabatan selalu
c. Salam hormat dari anakmu,
d. Salam sportif kawan!
28. Perhatikan surat undangan berikut !
Dengan ini kami mengundang Anda untuk menghadiri rapat rutin awal tahun pelajaran 2020 / 2021 yang akan diselenggarakan pada
Hari, tanggal : Senin, 7 Agustus 2021
Waktu : pukul 9.00 – 11.00 WIB
Tempat : Aula SMP Nusa Indah
Acara : Ketetapan Uang Dana Bulanan Tahun Pelajaran 2021 / 2022
Kalimat penutup surat undangan tersebut yang tepat adalah.........
a. Atas kehadiran dan doa restu Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih.
b. Atas waktu yang diluangkan , kami ucapkan terima terima kasih.
c. Kehadiran Bapak / Ibu kami harapkan tepat pada waktunya.
d. Mengingat pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan Bapak/ Ibu bisa hadir tepat waktu . Atas perhatian Bapak /Ibu, kami ucapkan terima kasih.
29. Bacalah kutipan surat berikut !
Dengan hormat,
Kami mohon izin untuk menggunakan lapangan sepak bola di wilayah Bapak pada
Hari : Sabtu
Tanggal : 2 Maret 2021
Acara : Pertandingan sepak bola antar sekolah
[.......]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah.........
a. Atas izinnya, diucapkan terima kasih yang tulus.
b. Atas kerja sama dan izin Bapak, kami ucapkan terima kasih.
c. Atas izin Saudara, kami ucapkan terima kasih.
d. Atas izinnya, kami ucapkan terima kasih.
30. OSIS SMP Mahardika akan mengadakan Class Meeting. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Kamis 17 Juni 2021, pukul 13.30 di ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah..........
a. Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Mahardika dalam rapat yang
Akan dilaksanakan pada
Hari, tanggal : Kamis, 17 Juni 2021
Waktu : Pukul 08.30
Tempat : Ruang OSIS
Acara : Persiapan Lomba
b. Teman- teman pengurus OSIS SMP Mahardika harap hadir dalam rapat yang akan diselenggarakan pada
Hari , tanggal : Jumat, 17 Juni 2021
Waktu : Pukul 14.00
Tempat : Ruang Rapat
Acara : Persiapan Bakti sosial
c. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan
Dilaksanakan pada
Hari, tanggal : Jumat, 17 Juni 2021
Waktu : Pukul 14.00 Maret 2019
Tempat : Ruang OSIS
Acara : Pembentukan Panitia Porseni
d. Para pengurus OSIS Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
Hari, tanggal : Jumat, 17 Juni 2019
Waktu : Pukul 15.00
Tempat : Ruang Media
Acara : Pembagian Kerja
31. Penulisan alamat surat yang tepat adalah............
a. Kepada
Yth. Bapak Guru Mata Pelajaran
Di SMP Negeri 3 malang
b. Yth. Guru Mata pelajaran
Di SMP Negeri 3 Malang
c. Kepada
Yth bapak Guru Mata Pelajaran
Di SMP Negeri 3 Malang
d. Yth. Bapak / Ibu Guru Mata Pelajaran
di SMPN 3 Malang
32. Salam pembuka yang tepat untuk surat izin tidak masuk sekolah adalah........
a. Dengan hormat, b. Assalamualaikum,
c. Hormat saya,
d. Salam sejahtera,
33. Cermati teks berikut!
Kepada
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Indramayu
Dengan hormat,
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, MTs Ilmu Manfaat menyelenggarakan lomba futsal tingkat SD dan MI se-Kabupaten Lamongan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada
....
Teks tersebut termasuk cuplikan surat dinas karena ....
a. berkaitan dengan masalah kedinasan
b. berkaitan dengan keperluan yang bersifat pribadi
c. menggunakan bahasa yang akrab
d. ditulis oleh seseorang atas nama individu
34. Cermati teks berikut!
(1) Akhir tahun ini Nanda tidak bisa pulang, Bu. (2) Hal ini disebabkan ada proyek di Kalimantan. (3) Nanda mohon maaf tidak bisa menemani Ibu pergi berlibur ke rumah nenek di Sukabumi. (4) Tapi, Ibu jangan khawatir. (5) Setelah proyek ini Nanda akan mendapatkan cuti panjang.
Kata keterangan tempat pada cuplikan surat tersebut ditandai nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
35. Secara garis besar buku dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu:
a. Buku fiksi dan nonfiksi
b. Buku nonfiksi dan Buku Pelajaran
c. Buku fiksi dan novel
d. Buku nonfiksi dan Buku Gambar.
36. Bagian-bagian buku terdiri dari…
a. Sampul, Halaman Pendahuluan, Punggung Buku dan Bagian Akhir
b. Sampul, Halaman Pendahuluan, Bagian Utama dan Bagian Akhir
c. Sampul depan, Halaman Buku, Isi dan Sampul belakang
d. Sampul depan, Halaman isi, Halaman Belakang
37. Sampul terdiri dari…
a. Sampul depan, sampul tengah dan sampul belakang
b. Sampul depan, isi dan sampul belakang
c. Sampul depan, punggung buku dan sampul belakang
d. Sampul depan, sampul isi dan sampul belakang.
38. Isi buku membahas informasi dan materi inti dari buku tersebut. Bagian isi buku…
a. Pendahuluan, judul bab, dan bacaan
b. Alinea, judul buku dan pendahuluan
c. Pendahuluan, isi buku, dan alinea d. Pendahuluan, judul bab dan alinea
39. Daftar pustaka biasanya terletak di…
a. Sampul c. Isi buku
b. Bagian utama d. Bagian akhir.
40. Langkah pertama merangkum dengan pemetaan pemikiran adalah…
a. Membuat garis
b. Membuat cabang
c. Menulis judul ditengah-tengah kertas
d. Membuat judul di atas tengah
41. Panduan praktis merangkum buku berdasarkan gagasan pokok, yang pertama dilakukan…
a. Membaca informasi umum buku
b. Ketahui secara umum isi buku
c. Merangkum bacaan
d. Format merangkum
42. Unsur buku nonfiksi yang dapat dikomentari adalah…
a. Cover buku, judul subbab dan pengarang buku
b. Cover buku, sistematika dan isi buku
c. Cover buku, tokoh/ penokohan dan alur cerita
d. Cover buku, alur cerita dan rangkuman buku
43. Data buku terdiri dari…
a. Judul buku, Penulis buku, kertas buku, dll
b. Penulis buku, Editor buku, kritikus buku, dll
c. Editor buku, Penerbit buku, karikatur buku, dll
d. Judul buku, Penulis buku, Editor buku, dll
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 44 dan 45!
Teks 1
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat- zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh.
Teks 2
“Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau bicara dengan Oma!” kata Oma Nani.
Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang.
44. Perbedaan jenis dan isi kedua teks tersebut yang tepat adalah ....
a. 1 teks nonfiksi, memaparkan ilmu pengetahuan, 2 teks fiksi, berisi gagasan bersifat fiktif imajinatif
b. 1 teks nonfiksi, mengandung unsur latar, penokohan, dan alur, 2 teks fiksi, berisi gagasan bersifat logis
c. 1 teks fiksi, dikembangkan berdasarkan data-data faktual, 2 teks nonfiksi, dikembangkan berdasarkan alur cerita
d. 1 teks fiksi, berisi gagasan bersifat fiktif imajinatif, 2 teks nonfiksi, memaparkan informasi ilmiah
45. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
a. 1 pada umumnya lebih banyak menggunakan kata kias, 2 pada umumnya lebih banyak menggunakan kata lugas
b. 1 sering menggunakan kalimat percakapan, 2 jarang sekali menggunakan gaya bahasa
c. 1 sering menggunakan bahasa formal, 2 sering menggunakan bahasa percakapan
d. 1 sering menggunakan gaya bahasa, 2 sering menggunakan bahasa formal
II. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Buatlah contoh pujian terhadap buku…
2. Buatlah contoh komentar kekurangan buku fiksi…
3. Sebutkan 3 ciri-ciri pantun, syair, dan gurindam?
4. Sebutkan persamaan dari pantun, gurindam dan syair?
5. Jelaskan yang dimaksud dengan:
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda
Demikian satu paket soal PAT Bahasa Indonesia kelas 8 ini. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu.
Posting Komentar